Wednesday, April 15, 2020

Download jalan tak ada ujung pdf

Download jalan tak ada ujung pdf
Uploader:Darky999
Date Added:30.09.2015
File Size:47.38 Mb
Operating Systems:Windows NT/2000/XP/2003/2003/7/8/10 MacOS 10/X
Downloads:41088
Price:Free* [*Free Regsitration Required]





jalan tak ada ujung


from Jalan Tak Ada Ujung novel’s written by Mochtar Lubis. The aim of this research are to describe textual structure that consist of plot (deep structure and surface structure) and describe about the humanity view’s of Mochtar Lubis novels Jalan Tak Ada Ujung. The main character Guru Isa . Feb 25 Jalan-Tak-Ada-Ujung-Mochtar-Lubis 2/3 PDF Drive - Search and download PDF files for free. Indonesia on August 17, was a suspense city The tense between a group of Independence fighter youth and various Japanese soldier unions. Oct 26,  · Cara Download; Klik ini jika kesulitan mendownload melalui Get4link atau klik ini untuk ADTIVAL. Home / Mochtar Lubis / Sastra / zzz / Download Novel Mochtar Lubis - Jalan Tak Ada Ujung Pdf. Jumat, 26 Oktober Download Novel Mochtar Lubis - Jalan Tak Ada Ujung Pdf Date - Oktober 26, Mochtar Lubis Sastra zzz.




download jalan tak ada ujung pdf


Download jalan tak ada ujung pdf


Goodreads helps you keep track of books you want to read. Want to Read saving…. Want to Read Currently Reading Read. Other editions. Enlarge cover. Error rating book. Refresh and try again. Open Preview See a Problem? Details if other :. Thanks for telling us about the problem. Return to Book Page. Jakarta selama bulan-bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustusadalah kota yang dicekam ketegangan.


Ketegangan antara kelompok pemuda-pemuda pejuang kemerdekaan dengan berbagai kesatuan tentara Jepang yang menunggu-nunggu kedatangan tentara sekutu, karena pemuda-pemuda pejuang kemerdekaan sedang asik mengumpulkan persenjataan dari Jakarta selama bulan-bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustusadalah kota yang dicekam ketegangan.


Ketegangan antara kelompok pemuda-pemuda pejuang kemerdekaan dengan berbagai kesatuan tentara Jepang yang menunggu-nunggu kedatangan tentara sekutu, karena pemuda-pemuda pejuang kemerdekaan sedang asik mengumpulkan persenjataan dari pasukan-pasukan Jepang, dan juga ketegangan dalam hati seluruh rakyat Indonesia mengenai siapakah yang akan datang pertama dari tentara Sekutu, tentara Inggris, atau Belanda?


Itulah "setting" Jalan Tak Ada Ujung ini, yang mengisahkan pejuang-pejuang seperti Hazil, pemusik yang bersemangat berapi-api, Guru Isa yang lembut hati dan tidak suka pada kekerasan, istrinya yang merindukan kasih lelaki. Perlawanan terhadap tentara Belanda yang hendak menjajah Indonesia, kehangatan cinta, semangat berkorbar perjuangan, ketakutan, kejahatan manusia terhadap manusia, penemuan diri di bawah siksaan, dan kemenangan manusia dalam pergaulan dengan dirinya sendiri, kekejaman peperangan….


Senua ini dapat ditemukan dalam novel ini. Get A Copy. Paperbackpages. Published by Yayasan Obor Indonesia first published More Details Original Title. FatimahHazildownload jalan tak ada ujung pdf, Guru Isa. JakartaIndonesia. Other Editions 8. Friend Reviews. To see what your friends thought of this book, please sign up. To ask other readers questions about Jalan Tak Ada Ujungplease sign up.


Lists with This Book. Community Reviews. Showing Average rating 3. Rating details. More filters. Sort order. Start your review of Jalan Tak Ada Ujung. Mar 07, Rido Arbain rated it really liked it. Perjuangan menuju kemerdekaan ternyata bukanlah akhir dari tujuan.


Sebab setelah kemerdekaan itu diraih, masih ada jalan lain yang harus dituju. Jalan tak ada ujung. Lewat novel klasik yang pertama kali diterbitkan pada tahun ini, Mochtar Lubis ingin memaparkan kisah perjalanan kemanusiaan seorang guru yang senantiasa hidup dalam tekanan dan ketakutan pada masa revolusi sepanjang tahun Namanya Guru Isa.


Sosok plegmatis, yang sesaat setelah proklamasi dikumandangkan, ia tetap harus Perjuangan menuju kemerdekaan ternyata bukanlah akhir dari tujuan. Sosok plegmatis, yang sesaat setelah proklamasi dikumandangkan, ia tetap harus berjuang melawan permasalahannya sendiri nan kompleks. Akibat sering kali merasa tertekan, Guru Isa harus kena serangan impotensi yang membuat hubungannya dengan sang istri menjadi download jalan tak ada ujung pdf. Belum lagi konflik keterlibatannya dengan pejuang gerilya, ketakutannya berurusan dengan polisi militer, hingga impitan ekonomi keluarga yang membuatnya terpaksa mencuri buku-buku tulis di sekolah.


Perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan Belanda, konflik rumah tangga, hingga potret kejahatan manusia terhadap manusia lainnya, seakan-akan semuanya tergambar dalam suasana revolusi yang realistis. Sebab perasaan terjajah itu sudah memudar seiring kebutuhan yang sulit terpenuhi bagi bangsa yang katanya telah merdeka itu sendiri.


Jan 14, Sandra dewi rated it it was amazing. Oct 24, Endah rated it really liked it. Apakah judul novel yang tokoh utamanya bernama Guru Isa? Siapakah pengarangnya? Download jalan tak ada ujung pdf ingat nggak pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang sering diajukan oleh guru-guru bahasa Indonesia kita sewaktu di SMP atau di SMA dulu?


Lalu kita menjawabnya bahwa buku itu download jalan tak ada ujung pdf Jalan Tak Ada Ujung. Pengarangnya : Mochtar Lubis. Apakah kita mengetahui jawaban tersebut karena kita telah membaca novel itu?


Atau sekadar menghapalnya saja? Kalau saya sih tahunya karena menghapal. Novel itu sendiri baru saya Apakah judul novel yang tokoh utamanya bernama Guru Isa? Novel download jalan tak ada ujung pdf sendiri baru saya tamatkan sore tadi. Parah banget ya cara pengajaran sastra dan bahasa Indonesia yang kita terima dulu. Penyampaian materinya lebih banyak menekankan pada hapalan, tanpa pernah menugaskan siswa untuk membaca sendiri karya tersebut.


Jangan-jangan hal itu karena bapak dan ibu guru kita sebenarnya juga tidak pernah membacanya. Sekarang, masih kayak gitu nggak ya? Guru Isa, tokoh yang antihero, dengan segala kelemahan dan kekurangannya sebagai manusia, lelaki, dan suami. Tak ada yang membanggakan yang bisa diceritakan dari seorang Isa, pria 35 tahun yang menderita impotensi berkepanjangan, guru sekolah rakyat yang miskin dan penakut. Di saat kawan-kawannya berjuang memanggul senjata menentang masuknya kembali Belanda ke tanah air, ia malah gemetar di kamarnya setiap kali mendengar letusan senapan dan download jalan tak ada ujung pdf agar perang cepat selesai.


Ketika pemuda-pemuda dengan bangga menceritakan pembunuhan yang mereka lakukan terhadap para "mata-mata" Nica, ia mendengarkannya dengan rasa mual hingga tanpa terasa kencing di celana.


Sewaktu suasana Jakarta makin panas akibat pertempuran dan orang-orang ramai mengungsi ke luar kota, Guru Isa bahkan tak memiliki keberanian untuk melakukan hal yang sama. Baginya, lebih baik menghadapi teror yang telah jelas dikenalnya, dari pada harus dihantui rasa takut oleh teror yang belum jelas di tempat pengungsian. Satu-satunya hal paling "berani" yang ia lakukan - itupun jika masih boleh disebut sebagai sebuah keberanian - adalah mencuri buku-buku tulis di lemari sekolahnya untuk membeli beras.


Perang membuat situasi kehidupan rumah tangganya menjadi tambah sulit. Hubungannya dengan Fatimah, sang istri, bertambah buruk saja karena uang susah didapat. Fatimah sebenarnya istri yang baik. Ia tetap setia meski Isa menderita impotensi sejak awal pernikahan mereka, sampai ia bertemu Hazil yang membawa bara hangat ke dalam kehidupan asmaranya yang nyaris beku. Kesetiaan itu pun runtuh.


Isa mengetahuinya, tetapi ia takut menghadapi kenyataan itu. Saya - seperti selalu terjadi - terpesona. Novel ber-setting Jakarta tahun empatpuluhan pasca kemerdekaan ini mengajak saya menyelam ke kedalaman jiwa, menyeruak satu rasa paling manusiawi yang dimiliki semua insan : takut.


Setiap kita pasti memiliki rasa takut, seperti Guru Isa, seperti Hazil, seperti para tentara Gurkha itu. Takut pada perang, pada kematian, pada pengkhianatan, pada kebenaran, pada kehidupan, pada Lalu, apa yang harus kita punyai, agar kita bebas dari ketakutan? Jules Romains Ketakutan-ketakutan yang mendera Guru Isa itu, download jalan tak ada ujung pdf, menjelma mimpi-mimpi buruk di setiap tidurnya.


Seperti tanpa akhir. Bagaikan jalan tak ada ujung. Hingga pada suatu masa, tiba juga ia di ujung jalan itu : penjara, download jalan tak ada ujung pdf. Dalam sel sempit itulah ia justru menemukan kebebasannya. Novel ini pertama kali terbit pada Baru padaditerbitkan kembali oleh Yayasan Obor Indonesia.


Penulisnya, Mochtar Lubis lahir tanggal 7 Maret di Padangpernah menadapat hadiah Magsaysay pada tahun untuk karya-karya jurnalistiknya. Mar 23, Hafizz Nasri rated it really liked it. Buku kedua penulis yang saya baca selepas 'Perempuan'. Penulisan-nya sentiasa menarik hati saya-- tidak jemu walau berkait hal perang tidak secara keseluruhan dan perjuangan. Gemar dengan penceritaan kisah Guru Isa dari awal hingga akhir walau saya sedikit terkesan dengan ending-nya yang begitu saja-- sekurangnya saya berharap ada sedikit closure tentang hubungan Guru Isa dan Fatimah namun saya akur barangkali ending yang begitu lebih adil bagi buku ini.


Jul 01, Azarine Arinta added it. Secara gamblang dari awal Mochtar Lubis telah mengenalkan pembaca dengan tema utama dari buku ini: ketakutan manusia. Dalam pembukanya, Mochtar Lubis mengutip kata-kata dari Jules Romains: Apakah yang harus kita punyai, agar kita bebas dari ketakutan? Tema ini semakin dipertegas dengan paragraf pembuka dari buku yang menggambarkan suasana mencekam di Ibu Kota Jakarta selepas proklamasi kemerdekaan.


Mengambil latar belakang kota Jakarta di tahunMochtar Lubis menggambarkan kekacauaan yang Secara gamblang dari awal Mochtar Lubis telah mengenalkan pembaca dengan tema utama dari buku ini: ketakutan manusia.


Read More





Literature Help: Novels: Plot Overview 460: Jalan Tak Ada Ujung (A Road with no End)

, time: 2:48







Download jalan tak ada ujung pdf


download jalan tak ada ujung pdf

Jalan tak ada ujung. Lewat novel klasik yang pertama kali diterbitkan pada tahun ini, Mochtar Lubis ingin memaparkan kisah perjalanan kemanusiaan seorang guru yang senantiasa hidup dalam tekanan dan ketakutan pada masa revolusi sepanjang tahun /5. Download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd. Flag for inappropriate content. save Save jalan tak ada ujung For Later. Info. Embed. Share. Print. Download Now. Jump to Page. You are on page 1 of 5. Search inside document. c c c. Novel Jalan Tak Ada Ujung (selanjutnya disingkat 'JTAU) merapakan salah satu karya besarMochtar Lubis. JTAU laku keras di pasaran, terbukti sejak terbit pada cetakan pertama tahun , JTAU sampai telah mengalami sembilan kali cetak ulang.






No comments:

Post a Comment